Mengenal Sistem Koordinat Geografis Dan Koordinat Universal Transverse Mercator

Sistem Koordinat merupakan perpotongan antara dua garis sumbu koordinat.
Adapun macam koordinat diantaranya : 
Jakarta 106°48’27,29"E sebagai 0 Meridian Indonesia
Koordinat Geografis
Untuk Indonesia sebagai patokan perhitungan adalah Jakarta yang dianggap 0° atau 106°48’27,29". Sehingga di wilayah Indonesia awal perhitungan adalah kota Jakarta.

Bila di sebelah barat Jakarta akan berlaku pengurangan dan sebaliknya. Sebagai patokan letak lintang adalah garis ekuator (sebagai 0). Untuk koordinat geografis yang perlu diperhatikan adalah petunjuk letak peta.

Koordinat Grid
Perpotongan antara sumbu absis (x) dengan ordinal (y) pada koordinat grid. Kedudukan suatu titik dinyatakan dalam ukuran jarak (meter), sebelah selatan ke utara dan barat ke timur dari titik acuan.

Koordinat Lokal
Untuk memudahkan membaca koordinat pada peta yang tidak memiliki grid, maka dapat dengan cara membuat garis-garis faring seperti grid pada peta topografi.
Skala bilangan dari sistem koordinat Geografis bujur lintang dan koordinat UTM terletak pada tepi peta. Kedua sistem koordinat ini adalah sistem yang berlaku secara internasional.
Saat ini terdapat dua sistem koordinat yang umum digunakan di Indonesia. Yaitu sistem Koordinat Geografis (Bujur Lintang) dan Koordinat Universal Transverse Mercator (UTM)
Hal ini disebabkan tidak semua system koordinat sesuai digunakan di semua wilayah. Sistem koordinat geografis atau bujur lintang tidak sesuai digunakan di wilayah yang berdekatan dengan kutub, sebab garis bujur akan terlalu pendek. Akan tetapi kedua sistem koordinat tersebut dapat digunakan di Indonesia.

Koordinat Geografis (Longitude Latitude)
Sistem koordinat longitude latitude atau di Indonesia disebut dengan koordinat bujur lintang, terdiri dari dua komponen
Untuk membagi wilayah bumi menjadi bagian utara dan selatan, maka ditentukan sebuah garis yang tepat berada ditengah, yaitu garis Katulistiwa (Equator).

Dan untuk membagi wilayah timur dan barat, ditentukan sebuah garis Prime Meridian yang terletak di kota Greenwich Inggris.

Garis katulistiwa disebut dengan garis 0° (nol derajat). Dari garis tersebut sampai utara disebut belahan bumi utara. Wilayah yang termasuk pada belahan bumi utara adalah Eropa, sebagian Afrika, Amerika Utara, Amerika Tengah, sebagian besar asia dan beberapa negara di lautan Pasifik.

Dari garis katulistiwa sampai Kutub Selatan dinamakan belahan bumi selatan, diantaranya wilayah sebagian Afrika, sebagian Indonesia, Australia, sebagian besar negara di Amerika Selatan dan sebagian negara di lautan Pasifik
Wilayah timur barat dibagi oleh garis prime meridian yang melalui kota Greenwich di Inggris. Perpotongan garis bertemu di lautan Pasifik, yakni garis yang memotong kepulauan Fiji.

Koordinat yang berada di timur Greenwich disebut Bujur Timur, diantaranya wilayah sebagian Eropa, sebagian Afrika, sebagian besar Asia (termasuk Indonesia), Australia, dan beberapa negara di kepulauan Pasifik.

Sebaliknya koordinat yang berada di barat Greenwich disebut Bujur Barat dengan meliputi wilayah sebagian Eropa, sebagian Afrika, Amerika Utara, Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan beberapa negara di lautan Pasifik.

0 Comments:

Posting Komentar