Belajar Cara Sederhana Menentukan Deklinasi Magnetik

Di sebagian besar permukaan Bumi, jarum kompas menunjuk ke utara. Namun, karena bentuk medan magnet bumi yang kompleks ada beberapa tempat di mana jarum kompas akan menunjuk tepat di utara. Kompas sejajar dengan komponen horizontal medan magnet dalam arah yang disebut utara magnetik.

Benar utara, di sisi lain adalah arah dari lokasi yang diberikan ke kutub geografis utara. Sudut antara utara magnetik dan utara yang sebenarnya disebut "deklinasi magnetik".

Sebagian percaya bahwa jarum kompas menunjuk pada Kutub Utara Magnetik. Jika mengikuti jarum kompas, pada akhirnya akan tiba di Kutub Utara Magnetis, akan tetapi tidak dengan rute yang paling langsung.

Terminologi
Baik deklinasi dan variasi digunakan untuk menggambarkan sudut antara utara magnetik dan utara yang sebenarnya. Istilah penyimpangan juga digunakan dari waktu ke waktu. Berikut adalah penjelasan tentang perbedaan antara ketiga istilah tersebut.

Deklinasi
Ini adalah istilah yang disukai oleh mereka yang mempelajari medan magnet; itu juga merupakan istilah yang paling umum digunakan oleh navigator darat. Terkadang istilah "deklinasi magnetik" digunakan.

Variasi Istilah ini lebih disukai oleh pelaut dan pilot karena kata "deklinasi" juga memiliki penggunaan astronomi - sudut bintang atau planet di atas ekuator langit. Namun, kata "variasi" digunakan oleh ahli geomagnetik untuk merujuk pada perubahan waktu dalam medan magnet.

Deviasi
Dalam kendaraan seperti kapal atau pesawat udara, kompas dipengaruhi oleh magnet besi yang digunakan dalam konstruksi kendaraan serta medan magnet Bumi. Ini menyebabkan jarum kompas menunjuk ke arah yang salah.

Kesalahan arah ini disebut "penyimpangan". Banyak orang salah menggunakan penyimpangan ketika itu berarti deklinasi.

Penentuan deklinasi magnetik pertama yang diketahui adalah dibuat oleh Cina pada sekitar 720 AD. Di Eropa, konsep deklinasi diketahui pada awal tahun 1400-an, tetapi pengukuran deklinasi pertama yang tepat tidak dilakukan sampai tahun 1510, ketika Georg Hartman menentukan deklinasi di Roma.

Pentingnya deklinasi untuk navigasi sudah jelas. Marinir dengan cepat merancang metode untuk menentukan dan mulai menyusun nilai deklinasi dari lokasi di seluruh dunia.

Pada 1700 Edmund Halley datang dengan gagasan menunjukkan deklinasi sebagai garis kontur pada peta; dia menggunakan konsep novel ini untuk menghasilkan deklinasi deklinasi pertama Samudra Atlantik. Grafik deklinasi telah diproduksi secara teratur sejak itu.
Variasi sekuler medan magnet menyebabkan deklinasi berubah seiring waktu. Perubahan deklinasi bisa sangat besar. Sedang di Indonesia deklinasi berubah relatif terbilang kecil.

Akan tetapi di Yellowknife, NWT, misalnya, deklinasi berubah lebih dari satu derajat setiap tiga tahun. Di sisi lain, di Ottawa, perubahan deklinasi tahunan hampir nol. Diagram menunjukkan perubahan deklinasi di beberapa lokasi di daerah Kanada.
Variasi sekuler
Deklinasi magnetik juga mengalami perubahan yang jauh lebih cepat daripada variasi sekuler dan merupakan hasil dari aktivitas magnetik . Variasi ini dapat halus dan siklik, dengan amplitudo beberapa menit busur di Kanada selatan, atau, selama badai magnetik, besar dan tidak menentu.

Perubahan deklinasi menjadi semakin tidak teratur baik dalam amplitudo maupun frekuensi ketika salah satu mendekati Kutub Magnet Utara , hasil dari komponen horizontal medan magnet yang lemah.

Jumlah kali per tahun bahwa pengguna kompas akan dipengaruhi oleh perubahan deklinasi yang disebabkan oleh badai magnetik akan bergantung pada aplikasi dan lokasi pengguna.

Diagram menunjukkan persentase hari dalam tahun-tahun biasa di mana deklinasi magnetik akan berfluktuasi lebih besar dari jumlah yang diberikan dari nilai normalnya.
Probabilitas penyimpangan
Kebanyakan kompas orienteering standar memiliki presisi sekitar 2 derajat. Dapat dilihat bahwa di Kanada Selatan pengguna kompas seperti itu relatif akan jarang mengalami fluktuasi yang lebih besar dari 2 derajat.

Bagaimana menentukan deklinasi
Ada beberapa cara bagi pengguna kompas untuk menentukan deklinasi :

Dari peta
Contoh peta topografi Kanada mengandung diagram di margin yang memberikan deklinasi untuk tahun di mana grafik itu diterbitkan. Di bawah diagram adalah pernyataan yang memberi tahu pengguna tentang perubahan deklinasi tahunan.

Dengan mengalikan perubahan tahunan dengan jumlah tahun yang telah berlalu sejak grafik diterbitkan dan menambahkan perubahan total ke nilai deklinasi yang dipublikasikan, pengguna mendapatkan deklinasi hari ini.
Deklinasi deklinasi topografi
Pernyataan deklarasi magnetik yang diambil dari peta topografi Kanada :
Deklinasi magnetik 1992 bervariasi dari 16°05′ timur di tengah tepi barat hingga 14°03′ timur di tengah tepi timur.

Berarti perubahan setiap tahun menurun 11,5.

Contoh :
Deklinasi pada tahun 1998 : 13° 15′ W
Perubahan setiap tahun : menurun 5′

Karena perubahan setiap tahun menurun, perlakukan sebagai negatif. Oleh karena itu Deklinasi pada tahun 2003 adalah :

= 13°15'W - 5 x 5′
= 13°15'W - 25'
= 12° 50'W

Penting untuk diingat bahwa perubahan setiap tahun tidak tetap konstan seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu, menggunakan perubahan tahunan untuk memperbarui deklinasi pada peta lama besar kemungkinan dapat menghasilkan kesalahan dalam perhitungan deklinasi yang diperbarui.

Penting juga untuk mengetahui bahwa deklinasi yang ditunjukkan dalam diagram pada peta topografi bukanlah deklinasi sesungguhnya. Deklinasi didefinisikan sebagai sudut antara utara magnet dan utara yang sebenarnya.

Namun, diagram pada lembar peta topografi memberikan nilai sudut antara utara magnetik dan grid utara, yang direferensikan ke garis grid yang ditunjukkan pada peta. Sudut ini disebut deklinasi kisi.

Sudut antara grid utara dan utara yang sebenarnya disebut sudut konvergensi. Untuk mendapatkan deklinasi yang sebenarnya perlu menambahkan atau mengurangi sudut konvergensi ke Deklinasi Kotak. Diagram menggambarkan empat kemungkinan kombinasi.


Di dalam diagram :
  • bintang menunjukkan utara yang sebenarnya
  • kotak menunjukkan grid utara
  • panah menunjukkan utara magnetik
  • G mengacu pada deklinasi grid
  • C adalah sudut konvergensi
  • D mengacu pada deklinasi
Semua kuantitas dianggap positif. Empat kasus di ilustrasikan :
  • Magnetik utara barat dari utara yang sebenarnya, jaringan utara barat dari utara yang benar.
  • Magnetik utara barat dari utara yang sebenarnya, jaringan utara timur dari utara yang benar.
  • Magnetik timur laut dari utara yang benar, jaringan utara barat dari utara yang benar.
  • Magnetik timur laut dari utara yang benar, jaringan utara timur dari utara yang sebenarnya.
Deklinasi juga ditampilkan pada grafik penerbangan sebagai garis kontur dan pada grafik hidrografi (laut) baik sebagai garis kontur atau dalam bentuk mawar kompas, tergantung pada skala grafik. Dalam semua kasus, deklinasi benar diberikan.

0 Comments:

Posting Komentar