Belajar Cara Membuat Penampang Lintasan Pada Peta

Penampang lintasan adalah penggambaran secara proporsional bentuk lintasan jika dilihat dari samping, dengan menggunakan garis kontur sebagai acuan.
  • Siapkan peta yang sudah di plot, kertas milimeter blok, pensil mekanik / pensil biasa yang runcing, penggaris dan penghapus.
  • Buatlah sumbu X, dan Y. Sumbu X mewakili jarak, dengan satuan rata-rata jarak dari lintasan yang anda buat. Misal meter atau kilometer. Sumbu Y mewakili ketinggian, dengan satuan m.dpl, angkanya bisa dimulai dari titik terendah atau dibawahnya dan diakhiri titik tertinggi atau diatasnya.
  • Tempatkan titik awal di sumbu X = 0 d dan sumbu Y sesuai dengan ketinggian titik tersebut. Lalu pada perubahan kontur berikutnya, buatlah satu titik lagi, dengan jarak dan ketinggian sesuai dengan perubahan kontur pada jalur yang sudah dibuat. Demikian seterusnya hingga sampai titik akhir.
  • Perubahan satu kontur diwakili oleh satu titik. Titik-titik tersebut dihubungkan satu sama lainnya hingga membentuk penampang berupa garis menanjak, turun dan mendatar.
  • Tambahkanketerangan pada tanda-tanda medan tertentu, misalkan nama-nama sungai, puncakan dan titik-titik aktivitas anda (biasanya berupa titik bivak dan titik istirahat), ataupun tanda medan lainnya.

Tambahan informasi tentang vegetasi pada setiap lintasan dan skala penampang akan lebih membantu navigator dalam pembacaan penampang yang telah dibuat.

0 Comments:

Posting Komentar