Mengenal Pengertian Utara Pada Ilmu Medan Peta Dan Kompas

Terdapat 3 macam Utara dalam mempelajari ilmu medan peta kompas, yaitu Utara Sebenarnya “US” (True North), Utara Peta “UP” (Grid North) dan Utara Magnetis “UM” (Magnetic North).
Ketiga Utara tersebut tidak berhimpit menjadi satu, disebabkan masa volume bumi terjadi oleh adanya rotasi dan evolusi, dengan demikian akan timbul :
Utara Sebenarnya
Utara Sebenarnya, merupakan arah yang ditunjukkan oleh Meridien dan menuju ke kutub Utara Sebenarnya (True North/US/TN) diberi simbol * (bintang), yaitu utara yang melalui Kutub Utara di Selatan Bumi sesuai dengan garis lintang.
Utara Peta
Utara Peta (Grid North/UP/GN) diberi simbol GN, yaitu Utara yang sejajar dengan garis jala vertikal atau sumbu Y. Hanya ada di peta. adalah arah yang ditunjukkan oleh garis-garis tegak lurus vertikal (sumbu Y) yang kemudian di proyeksikan ke dalam koordinat (Grid) suatu peta.
Utara Magnetis
Utara Magnetis (Magnetic North/UM) diberi simbol T (anak panah separuh), yaitu Utara yang ditunjukan oleh jarum kompas. Utara magnetis selalu mengalami perubahan tiap tahunnya (ke Barat atau Timur) dikarenakan oleh pengaruh rotasi bumi. 

Hanya ada di medan, karena ketiga arah utara tersebut tidak berada pada satu garis, maka akan terjadi penyimpangan-penyimpangan sudut. 


Kutub utara medan magnet bumi letaknya tidak tepat di kutub utara bumi, melainkan kira-kira di sebelah utara Kanada di jazirah Boothia
Ikhtilab Magnetis adalah penyimpangan sudut antara US-UM baik ke Barat maupun ke Timur, disebut Ikhtilaf Magnetis (IM) atau Deklinasi. Yang menjadi patokan adalah Utara Sebenarnya (US).

Ikhtilab Peta adalah penyimpangan sudut antaraUS - UP balk ke Barat maupun ke Timur, disebut ikhlaf Peta (IP) atau Konvergensi Merimion. Yang menjadi patokan adalah Utara Sebenarnya
Ikhtilaf UP - UM (Sudut Peta Magnetis / SPM) adalah penyimpangan sudut antara UP - UM balk ke Barat maupun ke Timur, disebut Ikhtilaf Utara Peta-Utara Magnetis atau Deviasi. Yang menjadi patokan adalah Utara Peta dengan diagram sudut digambarkan US UP UM.

0 Comments:

Posting Komentar