Mengenal Definisi Perbedaan Mendasar Survival Dan Bushcraft

Secara umum pengertian survival adalah adalah teknik atau ilmu bertahan hidup dalam situasi kondisi tidak terduga dan tidak diinginkan. Misalnya ketika seseorang tersesat dalam hutan belantara karena sesuatu hal, maka orang tersebut dipaksa untuk dapat bertahan hidup. Teknik bertahan hidup dalam suatu kondisi tidak diinginkan itulah yang disebut survival.
Foto koleksi pribadi
Sedang secara umum definisi pengertian bushcraft sendiri adalah mempelajari suatu keahlian paling mendasar tentang cara bertahan hidup di alam bebas.

Bushcraft secara spesifik mempelajari seni dasar bertahan hidup di alam bebas dengan lebih mengedepankan teknik primitif secara natural. Diantaranya adalah seperti :

  • Seni cara mendapatkan air dan makanan
  • Seni membuat tempat berlindung (shelter)
  • Seni membuat api dengan memanfaatkan segala sesuatu yang tersedia di alam
  • Seni tentang navigasi berdasarkan tanda-tanda alam
  • Seni mempelajari jenis tanaman obat
  • Seni membuat peralatan bertahan hidup
Perbedaan mendasar antara survival dan bushcraft terletak pada teknologi peralatan dan perlengkapan yang digunakan. Dalam situasi survival, seorang survivor dapat menggunakan alat apapun, baik alat modern atau primitif.

Sedang pada bushcraft alat yang digunakan bersifat alami dan hanya semata untuk metode bertahan hidup di alam bebas yang selaras dengan teknik primitif. Jadi walaupun bushcraft masih termasuk bagian ilmu survival, namun dalam aplikasinya jelas terdapat perbedaan dengan survival. Dimana bushcraft lebih mengedepankan sebuah seni bertahan hidup di alam bebas secara alami dengan cara memanfaatkan semua sumber daya alam yang ada.

0 Comments:

Posting Komentar